Sumberdaya Arkeologi

Peninggalan kepurbakalaan erat kaitannya dengan disiplin arkeolog, sehingga peninggalan purbakala sering pula disebut sumberdaya arkeologi. Para ahli arkeologi memberi batasan dan tujuan arkeologi, yaitu ilmu yang mempelajari kehidupan masa lampau; sedangkan tujuan pokoknya ada 3 (tiga) hal yaitu:

  1. Merekonstruksi kehidupan manusia masa lampau
  2. Menyusun sejarah kebudayaan
  3. Menggambarkan proses perubahan kebudayaan

Dalam upaya memahami manusia dan budaya masa lalu, dilaksanakan melalui media berupa segala sesuatu yang langsung atau tidak langsung berkaitan dengan kegiatan manusia masa lampau. Tinggalan arkeologi yang terutama adalah artefak beserta keterangan yang memadai tentang konteks dan atribut-atribut spesifiknya. Secara lebih detail fakta arkeologi tidak hanya artefak saja, tetapi juga ekofak fitur, situs, dan kawasan arkeologis.

Artefak (artifact)

Artefak adalah semua benda yang sebagian atau seluruhnya merupakan hasil olahan manusia. Misalnya, alat serpih yang terbuat dari batuan mineral, kapak batu, patung/arca, benda-benda porcelain, tembikar (gerabah), perhiasan, mata uang, senjata, dan sebagainya.

Ekofak (ecofact)

Ekofak adalah benda-benda alam yang bersifat bioting dan berhubungan erat dengan aktifitas kegiatan manusia. Misalny, fosil fauna (binatang) dan manusia, fosil pohon, moluska (kerang-kerangan), dan lain-lain

Fitur (feature)

Fitur adalah sesuatu yang secara kesluruhan tidak dapat dipindahkan tanpa merubah bentuk. Misalnya, perlapisan batuan (stratigrafi), parit kuna, berbagai bangunan seperti punden berundak, candi, masjid, gereja, klenteng, keraton, istana, makam kuna, lubang bekas tempat sampah, dan lain sebagainya.

Situs (sites)

Situs adalah batas ruang tertentu yang menganduk fakta arkeologis berupa artefak, ekofak, atau fitur yang berdiri sendiri atau bersama-bersama.

Kawasan Arkeologis

Kawasan arkeologis adalah suatu daerah yang di dalamnya mengandung situs-situs arkeologi, misalnya kawasan arkeologis Banteng. Di Banten terdapat beberapa situs: Situs Surosowan, Kaibon, Speelwijk, dan sebagainya

Close